Kamis, 25 Oktober 2012

TATA CARA MENDIRIKAN LSM


        TATA CARA MENDIRIKAN LSM

BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN LSM?

Cara mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) gampang saja. Pendiri minimal 3 atau 5 orang, tergantung notarisnya. Kemudian disahkan dihadapan notaris dan dibuatkan akta pendirian organisasi. Persyaratannya fotocopy KTP para pendiri, dan semua pendiri wajib datang pada saat tanda tangan akta notaris. Biaya Rp.500.000 sampai Rp.700.000, tergantung nego. Akta Notaris berisi tentang akta pendirian organisasi dan anggaran dasar organisasi. Kalau kita sudah mempunyai Anggaran Dasar, itu bisa kita ajukan ke notaris, tetapi kalau kita belum mempunyai notaris akan membuatkan. Tetapi sebelumnya kita harus membuat draft tentang tujuan organisasai, misi/visi organisasi dan sebagainya.

Setelah akta notaris jadi, ibarat orang kawin sudah kawin siri, tapi belum resmi. supaya resmi maka harus punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Syarat pembuatan NPWP adalah Foto Copy KTP Ketua LSM/organisasi, NPWP Ketua, foto copy akta notaris, foto copy surat keterangan domosili (alamat secretariat) LSM/organisasi dari desa/kelurahan, stempel LSM/organisasi. Syarat tersebut dibawa ke kantor pajak terdekat, langsung jadi dan gratis.

Setelah NPWP jadi, LSM bisa mengadakan kegiatan secara resmi dan menjalin kerjasama dengan pihak lain, baik itu kerjasama dengan pemerintah maupun swasta. Tetapi kalau kegiatan itu berhubungan dengan politik atau kegiatan berskala nasional, kadangkala diperlukan legalitas yang lebih. Legalitas ini misalnya harus didaftarkan di Badan Kesatuan Kebangsaan (Bakesbang) di kabupaten/kota atau propinsi (jika mempunyai cabang di kota lain dalam propinsi).

Cara Mendaftar di Bakesbang.

Persyaratan untuk mendaftar di Bakesbang yaitu, selain persyaratannya sama seperti pengurusan NPWP, adalah susunan pengurus yang disyahkan oleh kepala desa/lurah setempat. Foto kantor/sekretariat, daftar isian dan surat pernyataan yang formulirnya sudah disiapkan di kantor bakesbang. Setelah semua persyaratan sudah masuk, selanjutnya pihak Bakesbang akan mensurvey keberadaan LSM tersebut.


CARA MENDIRIKAN YAYASAN

Cara mendirikan Yayasan, selain persyaratannya sama dengan LSM, juga harus disyahkan oleh Departemen Hukum dan HAM. Anggaran Dasarnya harus sesuai dengan pakem yang sudah ditentukan. Pembuatan nama yayasan harus di cek dulu di Depkumham, karena nama yayasan tidak boleh sama di seluruh Indonesia. Biaya pengurusan pendirian yayasan melalui notaris ini sekitar 3 juta, tergantung nego.

12 komentar:

  1. Assalamualaikum

    Salam sejahtera selalu,

    Dalam hal ini saya ingin bertanya suatu komunitas motor termasuk LSM atau bukan?

    Agar terhindar dari salah persepsi hukum, mohon penjelasannya sebuah komunitas ada dasar hukumnya atau tidak?

    Salam,

    BalasHapus
  2. Salam sejahtera juga mas...

    Komunitas motor bukan suatu LSM, LSM itu hrus mempunyai Visi & Misi yg Jelas dalam Memperjuangkan Aspirasi Raykat (Masyarakat).

    Bila sperti komunitas motor biasa tak ada dasar hukumnya...

    Trima kasih...

    BalasHapus
  3. kalo mau buat komunitas penulis butuh akta nggak??

    BalasHapus
  4. perhimpunan/perkumpulan ini umumnya dibagi menjadi dua:

    1. Perkumpulan biasa yang merupakan Organisasi Massa;

    Untuk perkumpulan yang merupakan Organisasi Massa (Ormas) bisa berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak menangani masalah anak jalanan, partai politik, atau perkumpulan biasa pada umumnya seperti: perkumpulan pencinta moge (motor gede), perkumpulan pencinta perangko, perkumpulan pencinta keris dll.

    Dasar hukum pendiriannya:

    - Pasal 1663-1664 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata);

    - UU No. 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan (“UU Ormas”).



    2. Perkumpulan yang Berbadan Hukum.

    Perkumpulan jenis ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 Staatsblad 1870 No. 64 (berdasarkan Keputusan Raja tanggal 28 Maret 1870), yaitu: perkumpulan yang akta pendiriannya disahkan oleh pejabat yang ditunjuk oleh Gubernur Jendral (pada waktu itu Directeur van Justitie – kini Menteri Hukum & HAM RI).

    Dasar hukum pendiriannya:

    - Staatsblad 1870 No. 64;

    - UU No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan sebagaimana telah diubah dengan UU No. 28 Tahun 2004 (“UU Yayasan”).


    Saudara simpulkan sendiri bahwa saudara di point yg mana, smua yg bergerak di bidang sosial / masyarakat harus mempunyai dasar hukum..

    Demikian, Terima kasih...

    BalasHapus
  5. selamat siang, saya ahad dari semarang
    saya memiliki usaha kecil-kecilan. hanya jasa outbound. sering dipake juga tapi kan penghasilannya kecil. kalo omzet memang besar tapi laba g lebih dari 1 juta. kemudian juga sebagai guru honorer namun juga gajinya g seberapa. apakah perlu membuat npwp? dan untuk usaha saya apakah harus dilegalkan? karena saya juga masih mahasiswa. tolong bisa dibalas di email saya ahaddimasaditiawarman@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  6. bagaimama cara membentuk koperasi angkutan umum?

    BalasHapus
  7. Blog walking..blog nya bagus sekali..informatif..keep blogging!

    BalasHapus
  8. Mat malam mau tanya apakah dalam sebuah lembaga/yayasan bisa merangkap jabatan sebagai pembina sekaligus pengurus?

    BalasHapus
  9. Selamat sore.. mengenai Komunitas Motor.. Saya Pernah Ingin mendaftarkan Komunitas Motor Ke IMI ( Ikatan Motor Indonesia) Di situ dimintai AD/ART yang disahkan Oleh Notaris sebagai salah satu Persyaratan Komunitas yang terdaftar di IMI apakah itu termasuk Akta Notaris /????

    BalasHapus
  10. apakah komunitas pencinta alam termasuk LSM atau tidak

    BalasHapus
  11. apakah komunitas pencinta alam termasuk LSM atau tidak

    BalasHapus
  12. Salam sejahtra pak manulang

    Saya ingin bertanya.Adakah contoh yang sudah jadi di blog bapak,

    BalasHapus